PT. CARAKA grha TEKNITAMA

Edukasi

Pentingnya Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi

Biaya Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi

Sertifikat Laik Fungsi atau biasa disebut dengan SLF merupakan dokumen penting yang diperlukan oleh sebuah bangunan sebagai bukti serta penunjang keamanan suatu bangunan, namun muncul pertanyaan beraia biaya pengurusan sertifikat laik fungsi? Sertifikat Laik Fungsi dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah apabila bangunan tersebut sudah selesai masa pembangunannnya dan sudah siap huni. Sertifikat ini dikeluarkan pemerintah mengikuti dari persyaratan seperti kelaikan teknis yang disesuaikan dengan fungsi dan IMB.

Pengurusan SLF 2024

Beberapa fungsi penting SLF atau Sertifikat Laik Fungsi yang perlu Anda ketahui, karena SLF bukan hanya dokumen pajangan saja. SLF memiliki beberapa fungsi, diantaranya :

1. Mewujudkan Fungsi Dari Bangunan

Dalam mendirikan sebuah bangunan harus teliti dan hati – hati, pengembang juga tidak boleh asal – asalan dalam membangun sebuah bangunan. Karena jika tidak berhati – hati atau asal – asalan dalam membangun, bisa menimbulkan masalah dikemudian hari yang mengakibatkan bangunan tersebut tidak dapat berfungsi dengan layak. Dengan adanya SLf pengembang pastinya akan lebih berhati – hati dalam melakukan proses pembangunan, mereka harus dengan tepat memperhitungkan agar ketika bangunan selesai dibangun bisa mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi atau SLF dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa fasilitas sebuah bangunan yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk mendapatkan SLF yakni harus ada Instalasi listrik, Sistem pencahayaan harus baik, mempunyai saluran air dan pembuangan limbah yang baik pula. Selain fasilitas, ada juga beberapa utilitas bangunan yang perlu dipenuhi oleh sebuah bangunan.

2. Memberikan Perlindungan Hukum

Salah satu fungsi penting SLF adalah memberikan jaminan kepastian hukum dalam jangka waktu tertentu selama masa guna bangunan atau gedung hunian. Karena SLF ini merupakan suatu bentuk legalitas bangunan, jadi apabila terjadi hal tak terduga yang tidak diinginkan pada bangunan tersebut, maka dapat diurus secara legal.

Oleh sebab itu, apabila masa berlaku SLF sudah berakhir, lebih baik untuk mengurus perpanjangan SLF agar bangunan tersebut memiliki SLF yang berlaku.

3. Memberi Rasa Aman Pada Penghuni Bangunan

Bangunan apapun apabila memiliki SLF maka para penghuninya akan merasa aman. Selain rasa aman, para penghuninya juga akan merasa nyaman. Karena SLF merupakan bukti bahwa bangunan tersebut taat dan tertib secara administratif, dan pastinya sangat layak huni.

Bangunan apapun seperti rumah sakit, hotel atau bangunan – bangunan lain, bila memiliki SLf sudah pasti terjamin keamanannya, kesehatan, kemudahan, dan keselamatan untuk para penghuni atau penggunannya.

Untuk mengurus SLF pasti ada biaya yang harus dikeluarkan, lalu kira – kira berapa biaya untuk mengurus Sertifikat Laik Fungsi? Pertanyaan ini sering muncul dan sering menjadi perdebatan dikalangan masyarakat. Mari kita bahas lebih lanjut untuk mengetahui berapa kisaran harga atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus SLF.

Jadi untuk biaya atau harga yang perlu Anda keluarkan untuk mengurus SLF ini disesuaikan dengan Luas bangunan dari gedung yang akan diuji kelaikannya. Anda tidak perlu bingung, karena luas dari bangunan gedung biasanya tertera pada IMB yang Anda miliki, atau juga pada dokumen Persetujuan Bangunan Gedung / PBG.

Semakin luas bangunan yang akan diurus SLFnya, maka semakin besar juga biaya ataupun anggaran yang perlu Anda siapkan untuk mengurus SLF.

Selain itu, biaya untuk mengurus permohonan SLF juga ditentukan dari beberapa persyaratan yang perlu dilampirkan, seperti Dokumen Izin Pengelolaan Lingkungan (rekomendasi UKL-UPL/Amdal/dokumen lingkungan lain), As- Built Drawing, Sertifikat Laik Operasi, dan dokumen – dokumen lainnya. Bila Anda belum memiliki dokumen – dokumen tersebut, bisa dipastikan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengurus dokumen tersebut.

Untuk mengurus semua hal tersebut pastinya akan menyita banyak waktu, dan untuk mengurus dokumen – dokumen penting tersebut Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih konsultan. Oleh karenannya Anda bisa mempercayakan kepengurusan mengenai SLF kepada PT. Caraka Grha Teknitama, Kami perusahaan terpercaya yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam hal kepengurusan SLF.

Sudah terbukti banyak perusahaan, bahkan instansi pemerintah yang Kami bantu untuk kepengurusan SLF. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menghubungi kami dinomor yang sudah tertera di web ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Kirim Pesan